PNJ

Politeknik Negeri Jakarta | PNJ

menjadi politeknik unggul berkelas dunia pada tahun 2029


Fasilitas


Gedung Serba Guna (GSG)

Wahana untuk melaksanakan beranekaragam kegiatan kemahasiswaan, mulai dari seminar, rapat-rapat utama, hingga pertunjukkan musik atau teater. Gedung ini terdiri dari 2 lantai. Lantai 1 berisikan ruang aula utama tempat mengadakan kegiatan, koperasi karyawan dan sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sementara. Lantai 2 berisikan perpustakaan pusat, laboratorium komputer dan juga sekretariat UKM sementara. Rencananya sekretariat UKM sementara ini akan dipindahkan ke gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) bergabung bersama sekretariat MPM dan BEM.

Perpustakaan Pusat

Perpustakaan pusat berperan sebagai sumber utama dalam pelayanan penelusuran informasi dan dokumen bagi seluruh mahasiswa PNJ. Berlokasi di Gedung Serba Guna (GSG), perpustakaan pusat menyediakan jasa pelayanan peminjaman berbagai macam literatur baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris, mulai dari majalah, jurnal ilmiah, buku ilmu pengetahuan terbitan dalam dan luar negeri, hingga laporan tugas akhir mahasiswa. Khusus laporan tugas akhir, disediakan tempat eksklusif yang terletak di pojok ruangan. Laporan tugas akhir ini tidak boleh dipinjamkan, hanya sekedar dicatat seperlunya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Di samping perpustakaan pusat, juga terdapat perpustakaan jurusan pada masing-masing jurusan yang lebih menitikberatkan pada koleksi buku mengenai program studi yang bersangkutan.

Internet dan Wireless Hotspot

Politeknik Negeri Jakarta memiliki Jaringan internet yang terhubung dengan beberapa access point agar civitas akademika dapat mengakses internet tanpa kabel (Wireless Hotspot).

Masjid Darul 'Ilmi

PNJ juga memiliki masjid kampus untuk menampung kegiatan-kegiatan peribadatan umat Islam di lingkungan kampus. Masjid ini memiliki dua lantai, yang digunakan untuk memisahkan antara ikhwan dan akhwat. Masjid dengan nama Masjid Darul 'Ilmi ini juga merupakan pusat kegiatan Islam dengan berbagai aktivitas seperti mentoring, kajian-kajian rutin dan aktual, peringatan hari-hari besar Islam, pendidikan agama Islam, pengajian rutin, perpustakaan, serta lembaga zakat, infaq dan shodaqoh. Masjid Darul 'Ilmi juga secara rutin menyelenggarakan sholat Jum'at berjamaah.

Koperasi Mahasiswa

Koperasi Mahasiswa Amanah dan Ilmiah (KOPMA ADIL) yang dikelola oleh mahasiswa melayani berbagai bidang usaha meliputi fotokopi, warung telekomunikasi, rental komputer, serta penyediaan perlengkapan dan aksesoris mahasiswa. Selain itu, para mahasiswa pengelola Kopma yang bernaung di bawah unit kegiatan mahasiswa KOPMA ADIL ini juga sering menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seminar, bazaar dan beraneka macam pelatihan.

Kantin

PNJ memiliki empat kantin utama dengan berbagai lokasi yang berbeda, yaitu Kantin Teknik (Kantek), Kantin AN (Kanan), Kantin Elektro (Katro), dan Kantin Baru (Kanbar). Keseluruhan dari kantin-kantin ini menyediakan beranekaragam makanan dan minuman dengan harga mahasiswa. Khusus Kantek, terdapat acara musik rutin mingguan dilengkapi dengan panggung kecil untuk pentas seni yang diselenggarakan oleh unit kegiatan seni dan kreativitas UKM PANKREAS.

Automatic Teller Machine (ATM)

Pendopo kecil yang sedang dalam tahap pembangunan ini merupakan satu-satunya fasilitas perbankan yang tersedia di dalam kampus PNJ. Kendati demikian, mesin ini dapat digunakan untuk pembayaran SPP melalui auto debet ATM dengan memanfaatkan sarana kartu multifungsi KTM (ATM + kartu tanda pengenal mahasiswa).

Bus Poltek

Merupakan penunjang kelancaran transportasi mahasiswa PNJ untuk menuju ke kampus dan beranjak pulang dari kampus. Bus ini mengelilingi sebagian jalur areal kampus Universitas Indonesia (UI) dan seluruh jalur areal kampus PNJ. Bus Poltek terdiri dari 4 unit, yaitu 3 unit pertama merupakan bus keliling kampus dimana masing-masing unitnya memiliki rute yang sama dan yang terakhir digunakan untuk kunjungan ke berbagai tempat.

Rute bus Poltek : Gerbatama UI - Stasiun UI - Stasiun Pondok Cina - FKM UI - FMIPA UI - PNJ - FMIPA UI - FKM UI - Stasiun Pondok Cina - Stasiun UI - Gerbatama UI

Fasilitas Olahraga

Fasilitas olahraga di PNJ terdiri dari lapangan bola basket, lapangan bola voli, lapangan tenis, dan lapangan rumput luas yang umumnya digunakan untuk bermain sepak bola. Pembinaan olahraga juga menjadi perhatian bagi mahasiswa PNJ disamping bidang akademik. Mahasiswa diberi kebebasan di dalam melakukan kegiatan mandiri untuk berolah raga sesuai dengan hobby dan minatnya masing-masing. Selain itu juga terdapat unit-unit kegiatan olah raga yang tujuannya untuk meningkatkan potensi dan bakat serta mencari bibit unggul yang dapat diandalkan guna mengikuti kejuaraan-kejuaraan, baik di kategori perguruan tinggi tingkat daerah, tingkat nasional, maupun di kategori umum. Semua fasilitas tersebut dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika PNJ, termasuk dosen dan karyawan.

Papan Tebing Astadeca

PNJ kini memiliki papan tebing baru di samping papan tebing lama yang sudah tidak dipergunakan lagi. Kedua papan tebing ini memiliki bentuk fisik yang berbeda dan biasa dipergunakan sebagai penunjang kegiatan unit kegiatan mahasiswa pencinta alam ASTADECA. Dengan lokasi yang strategis, papan tebing yang baru ini sangat representatif bagi para penggemar olahraga panjat tebing dan mahasiswa pencinta alam di PNJ.

Kolam Renang

Untuk saat ini sedang dalam renovasi.

Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa)

Gedung yang sedang dalam pembangunan ini rencananya akan dijadikan sebagai sentral kegiatan kemahasiswaan. Di dalamnya terdapat sekretariat MPM, sekretariat BEM dan sekretariat-sekretariat UKM serta aula besar tempat menyelenggarakan kegiatan. Seluruh kegiatan kemahasiswaan yang semula dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) akan dipindahkan ke gedung Pusgiwa ini.