PNJ

Teknik Grafika Penerbitan

politeknik negeri jakarta


Teknik Grafika dan Penerbitan


Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan mempersiapkan sumberdaya manusia menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten yang mampu mengisi posisi penyelia atau pelaksana dalam bidang grafika, penerbitan dan pencetakan naskah untuk media elektronik dan cetak dengan spesifikasi kemampuan untuk merancang, mengaplikasikan, mengawasi dan mengendalikan proses produksi grafika dan penerbitan.
Sampai saat ini Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan memiliki dua program studi dengan jumlah dosen pengampu mata kuliah sejumlah 62 orang. Lulusan telah bekerja di perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional.

Program Studi Teknik Grafika (terakreditasi B)
Program Studi Teknik Grafika merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III, berdiri tahun 1990, mempersiapkan sumberdaya manusia profesional dan kompeten dalam bidang teknik grafika yang mampu merancang, mengaplikasikan, mengawasi dan mengendalikan proses produksi grafika. Program Studi Teknik Grafika menawarkan program reguler untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang grafika.
Lulusan Program Studi Teknik Grafika mempunyai kesempatan mengisi posisi penyelia dan pelaksana di perusahaan media cetak dan elektronik. Selain itu dapat pula mengisi posisi marketing dan instruktur di supplier alat dan bahan grafika.

Program Studi Penerbitan (terakreditasi B)
Program Studi Penerbitan merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III yang berdiri pada tahun 1990 mempersiapkan sumberdaya manusia profesional dan kompeten dalam bidangnya serta mampu dan terampil dalam bidang editorial, produksi dan pemasaran berbagai macam media publikasi. Program Studi Penerbitan menawarkan program reguler untuk lulusan SMA IPA/IPS dan SMK semua bidang.
Lulusan Program Studi Penerbitan mempunyai kesempatan mengisi posisi penyelia dan pelaksana sebagai copy editor, marketing dan supervisi produk-produk penerbitan di perusahaan media cetak dan elektronik.

Konsentrasi Desain Grafis
Penyelenggaraan program desain grafis telah diadakan sejak tahun 2004 sebagai program Diploma III Non Reguler (kelas siang) yang berakhir pada tahun 2007 dan digantikan dengan program reguler Konsentrasi Desain Grafis ditujukan untuk mendidik dan memberikan dasar kuat pada mahasiswa terhadap pemahaman dan keahlian pada bidang desain komunikasi visual yang terus berkembang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan industri baik secara teoritis, kreativitas, kemampuan praktis dan implementasinya terkait dengan produk-produk kegrafikaan printed material.
Keunggulan dari mahasiswa ini adalah selain penguasaan desain grafis juga diperkuat dengan pemahaman teknis produksi atau pre press yang menjadi bekal kesiapan bagi mahasiswa untuk siap terjun langsung di industri kreatif.
Peluang kerja bagi para lulusannya akan mengisi posisi sebagai desainer grafis, junior art director pada industri periklanan, komunikasi pemasaran, penerbitan, media massa dan butik kreatif ataupun berwirausaha karena selama perkuliahan mahasiswa juga dibekali kemampuan berwirausaha.