PNJ

Politeknik Negeri Jakarta | PNJ

menjadi politeknik unggul bertaraf internasional untuk mendukung daya saing bangsa


Wajah Baru Perpustakaan PNJ


Pengertian perpustakaan dapat diartikan secara luas sebagai salah satu unit kerja yang berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis, untuk dipergunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang menyenangkan. Mengingat pengertian tersebut maka sebuah gedung perpustakaan seharusnya selain mempunyai koleksi buku yang lengkap juga merupakan bangunan yang layak, nyaman, tenang, dan mempunyai fasilitas yang lengkap untuk belajar. Selama ini Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) belum mempunyai gedung perpustakaan yang mempunyai kriteria seperti yang disebutkan di atas. Untuk mewujudkan itu, PNJ pada tahun 2015 sedang melakukan pembangunan Gedung Perpustakaan baru.

Design bangunan seluas 5.650 m2 yang terdiri dari 4 lantai ini sudah dilakukan pada tahun 2013 dan dikerjakan oleh PT Patroon Arsindo. Pekerjaan konstruksi dimulai pada 14 Agustus 2015 dan tender dimenangkan oleh PT PP Precast yang berkedudukan di Jl. Letjend. TB. Simatupang No. 57 Pasar Rebo, Jakarta. Rencana pekerjaan proyek dilakukan selama 136 hari kalender yaitu sampai tanggal 27 Desember 2015, dengan kondisi bangunan sudah tertutup sampai atap. Konsultan Manajemen Konstruksi dipercayakan kepada PT Artefak Arkindo, tugasnya mengawasi pekerjaan kontraktor dari awal sampai akhir. Sampai akhir bulan Oktober 2015 progres pekerjaan sudah mencapai 42, 503%, dan rencana pekerjaan akan diselesaikan pada tahun 2016 dengan menggunakan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) PNJ tahun 2016.

Fungsi dari masing-masing lantai Gedung Perpustakaan PNJ adalah lantai dasar sebagai Ruang Perkantoran, lantai satu dan dua untuk Perpustakaan PNJ, sedang lantai 3 sebagai Ruang Olah Raga indoor dengan fasilitas tribune penonton. Ruang olah raga ini dilengkapi fasilitas untuk bermain basket, voli, tenis meja, dan lain sebagainya. Semoga gedung Perpustakaan PNJ dapat selesai pada waktunya sehingga mahasiswa dapat segera menggunakan fasilitas yang disediakan. Selamat PNJ!!!!(anis)