PNJ

Politeknik Negeri Jakarta | PNJ

menjadi politeknik unggul bertaraf internasional untuk mendukung daya saing bangsa


Jurusan TGP bekerja sama dengan Heidelberg Indones


Heidelberg Indonesia yang berlokasi di daerah Pancoran Jakarta Selatan adalah Sales dan Service Unit yang dimiliki oleh Heidelberger Druckmaschinen AG (Heidelberg) merupakan bagian dari Lead Market Singapore. Heidelberg adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri grafika seperti mesin pracetak (CtP), mesin cetak offset, mesin cetak digital, mesin pasca cetak (komersil dan kemasan), dan pelayanan/service, suku cadang dan produk bahan baku cetakconsumables Saphira. Dan di bidang industri kemasan yang menggunakan bahan karton, Heidelberg Indonesia menyediakan mesin Gallus Inline Folding Carton Converting System. Dengan perusahaan tersebut Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) khususnya jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP) yang pada masa sekarang dipimpin oleh Nurul Intan Pratiwi, S.Sos., M.Si., melakukan Memorandum of Understanding pada Selasa, 8 Desember 2015.

MOU dilaksanakan di ruang Rapat Direktur PNJ yang dihadiri oleh Direktur Heidelberg Indonesia dengan tiga orang jajaranya, Direktur PNJ, Pembantu Direktur (Pudir) Bidang Kerjasama, Pudir bidang Akademik, Ketua Jurusan TGP dan jajarannya, dan wakil dari beberapa jurusan. Dalam pidatonya Direktur PNJ menyampaikan bahwa politeknik harus mempunyai kerja sama dengan industri untuk perkembangan kurikulum sehingga kedepannya PNJ akan terus melebarkan sayap dalam kerja sama industri, selain itu beliau juga menyampaikan bahwa sangat senang hati menjembatani MOU seperti ini. Sedang dari pihak Heidelberg yang disampaikan langsung oleh Direkturnya juga mengatakan bahwa sangat senang sekali diberi kesempatan berkerja sama seperti ini apalagi dalam bidang pendidikan. MOU ditandatangani oleh Direktur Heidelberg Indonesia, Jackson Tan dan Abdillah, S.E., M.Si. Selaku Direktur PNJ.

Bentuk kerjasama yang dilakukan adalah tentang On the Job Training (OJT) mahasiswa, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, pelatihan, dan maintenance mesin. TGP sangat relevan bekerja sama denga Heidelberg mengingat di TGP ada Program Studi Grafika dan program studi yang baru di buka yaitu Teknologi Industri Cetak Kemasan. Semoga kedepanya akan berlanjut ke Memorandum of Agreement sehingga mahasiswa TGP labih banyak mendapatkan reverensi tentang mesin cetak. Good luck TGP!!!!(anis)