PNJ

Politeknik Negeri Jakarta | PNJ

menjadi politeknik unggul bertaraf internasional untuk mendukung daya saing bangsa


PNJ Goes to Canada


Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Polytechnic Education Development Project (PEDP)-ADB Loan 2928-INO, Ditjen Belmawa Kemenristek dan Dikti memfasilitasi perwakilan dari Politeknik seluruh Indonesia yang memperoleh bantuan dana tersebut untuk mengadakan studi banding ke Kanada yang dikoordinir oleh Colloges and Institutes Cana (CICan). Studi banding ke Kanada kali ini adalah studi banding untuk kedua kalinya yang diprakarsai oleh Ministry of Research, Technology and Higher Education (MORTHE). CICan adalah kumpulan 135 universitas negeri yang tersebar di seluruh Kanada, yang bisa dipilih untuk melanjutkan kuliah baik untuk mahasiswa nasional maupun internasional dan terdiri dari universitas, institut, maupun politeknik.

Pada studi banding ini Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) diwakili oleh Pembantu Direktur bidang Akademik, Fachruddin, M.T. Kegiatan ini berlangsung selama dua minggu dari tanggal 20 November 2015 s.d. 5 Desember 2015. Rombongan berangkat dari Jakarta tanggal 20 November sore dan tiba di Vancouver keesokan harinya pukul 10.41 dan langsung ceck-in di Carmana Plaza Hotel. Karena sampai Kanada hari Sabtu maka selama dua hari adalah acara touring di sekitar Vancouver. Tanggal 23 – 25 November 2015 rombongan studi banding ke British Columbia Institute of Technology (BCIT Burnaby), kegiatan langsung berkunjung ke Aerospace Technology Campus (ATC), Kampus utama BCIT, Automobile System Technology (AST), CNC Shops and Construction Labs, Applied Research Center, dan ke pusat Energy Education an Power Engineering (EEPE). Kunjungan ke EEPE sangat bermanfaat bagi PNJ mengingat di PNJ ada program studi terkait. Di minggu pertama hari ke enam dilanjutkan dengan kunjungan ke Vancouver Island University, tujuannya untuk menambah ilmu dan wawasan tentang ilmu kelautan dan perikanan. Sedang tanggal 27 November 2015 agenda acara bertemu dengan Departemen Pendidikan Lanjutan dari pemerintah British Columbia yang diwakili oleh Laurie Brucker, Senior Policy Advisor, International Education, kemudian sore harinya langsung terbang ke Calgary.

Minggu kedua hari Sabtu dan Minggu melakukan city tour di Calgary, karena bertepatan dengan bulan Desember maka di Kanada sedang musim dingin, para peserta sangat menikmati kegiatan ini karena bisa menikmati dan merasakan musim salju yang notabene tidak pernah ditemukan di Indonesia. Tanggal 30 November 2015 s.d. 4 Desember 2015 rombongan menuju ke Southern Alberta Institute of Technology (SAIT) yang disambut oleh Dr. Alex Zahavich selaku Vice President Applied Reseach and Corporate Solutions, disini mendiskusikan masalah peraturan pemerintah Kanada terkait dengan pendidikan perguruan tinggi, kemudian dilanjutkan dengan acara keliling kampus. Hari kedua berkunjung ke semua program studi yang ada di SAIT, ke bagian penelitian, dan juga membahas tentang inovasi pelayanan jasa yur, kemudian bagian kerjasama industri. SAIT menyelengarakan program sertifikasi, diploma II hingga magister, dari program studi Kuliner, hingga oil and gas.

Siang setelah selesai kunjungan ke SAIT acara dilanjutkan ke Glenbow Museum dan ke tempat budaya Kanada atau education interest on your own. Tanggal 5 Desember 2015 rombongan bertolak ke Jakarta dan transit di Tokyo selama satu hari. Selamat datang kepada Pudir 1 semoga ilmu dan pengalaman yang didapat di Vancouver dan Calgary dapat dibagikan ke semua warga PNJ dan untuk kemajuan pendidikan PNJ di masa mendatang.(anis)