PNJ

Politeknik Negeri Jakarta | PNJ

menjadi politeknik unggul bertaraf internasional untuk mendukung daya saing bangsa


71 Tahun Indonesia Merdeka


Di pagi yang sangat cerah para civitas akademika Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) berkumpul di lapangan utama untuk melaksanakan upacara bendera menyambut Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 tahun. Para peserta yang terdiri dari dosen, staf administrasi, dan mahasiswa mengenakan pakaian dengan motif batik serta diikuti pula oleh calon mahasiswa yang masih dilantik menggunakan pakaian hitam putih. Meskipun pada bulan Agustus ini para mahasiswa masih libur perkuliahan tetapi tidak mengurangi semangat mereka untuk hadir mengikuti upacara 17 Agustus di PNJ. Pembina Upacara adalah Direktur PNJ, Abdillah, S.E., M.Si., yang membacakan pidato Menteri Ristek Dikti.

Isi pidato menyebutkan bahwa tahun 2016 telah dicanangkan sebagai Tahun Inovasi, diharapkan melalui pencanangan tahun inovasi ini, ekonomi berbasis pengetahuan (knowledge based economy) dapat segera diwujudkan. Sementara itu, institusi riset memegang peranan penting untuk memberikan kesempatan kepada putera-puteri bangsa melakukan karya cipta inovatif, karena peneliti dan inovator yang produktif masih sangat diperlukan oleh bangsa Indonesia dan perlu terus kita tingkatkan. Untuk mewujudkan inovasi tersebut, pemerintah mendorong terjalinnya kemitraan dengan berbagai lembaga dan industri yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas penciptaan inovasi, serta menghasilkan produk inovasi yang secara signifikan meningkatkan daya saing dan kesejahteraan. Di era globalisasi dan pasar bebas saat ini, Indonesia akan “diserbu” berbagai macam produk dan teknologi baru dari negara lain. Dengan inovasi, Indonesia tidak hanya mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, tetapi bahkan juga dapat memenuhi pasar negara lain. Menteri juga mengajak bangsa Indonesia untuk mewujudkan Gerakan Nasional Ayo Kerja Nyata Gelorakan Inovasi di bidang kerja kita masing-masing.

Petugas upacara di bantu oleh Resimen Mahasiswa PNJ sebagai Komandan Upacara dan pengibar bendera, serta Pembantu Direktur (Pudir) II, Dra. Lenny Brida, Dpl. TESOL, M.Si., M.Hum., sebagai pembaca Teks Proklamasi dan UUD 1945 dibaca oleh Pudir IV, Dr. Dianta Mustofa Kamal, S.T., M.T. Pada peringatan Kemerdekaan RI 2016 ini juga dilakukan pemberian sertifikat dan hadiah kepada pemenang Dosen dan Staf Administrasi Berprestasi di lingkungan PNJ.

Selamat kepada karyawan berprestasi semoga dapat membawa nama baik PNJ di skala nasional, dan Indonesia semakin Jaya ! (anis, riska – foto by andhika)