PNJ

Politeknik Negeri Jakarta | PNJ

menjadi politeknik unggul bertaraf internasional untuk mendukung daya saing bangsa


Hibah Aplikasi SIKD


Arsip merupakan alat bukti autentik baik bagi arsip dinamis dan arsip statis yang dapat dijadikan pertanggungjawaban di masa mendatang. Setiap lembaga membutuhkan pengelolaan arsip yang baik dan benar, dengan demikian dibutuhkan ruangan, peralatan, sistem pengarsipan, maupun pegawai yang dapat mengelolanya sehingga dapat menunjang terjadinya proses retrieval (penemuan kembali) sebuah dokumen secara cepat dan tepat. Dahulu pengelolaan arsip dilakukan secara manual yang dikenal dengan model siklus hidup arsip (life cycle model) seperti penciptaan, pemanfaatan, penyimpanan, retrieval, dan disposisi.

Di era kemajuan teknologi saat ini tata cara pengelolaan pengarsipan sudah mulai berubah dengan adanya media elektronik e-arsip yang mendukung yaitu Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Arsip elektronik merupakan informasi yang direkam dan disimpan dalam media elektronik dengan wujud digital. Pengunaan media elektronik dalam pengelolaan arsip diperoleh manfaat kecepatan, kemudahan dan akan lebih hemat. Media elektronik dalam pengelolaan arsip salah satunya yaitu penggunaan aplikasi e-arsip SIKD. Surat yang dikelola dalam aplikasi e-arsip SIKD terdiri dari surat masuk, surat keluar, sampai pemberkasannya secara elektronik.

Sehubungan dengan hal tersebut, pada hari Selasa, 13 September 2016 Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menerima hibah aplikasi SIKD dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). PNJ menjadi salah satu prioritas penerima aplikasi SIKD karena Sumber Daya Manusia (SDM) PNJ sudah siap untuk mengaplikasikan program SIKD tersebut juga mempunyai prestasi sebagai juara tiga pada acara ANRI Award 2016. Dan yang tidak kalah pentingnya PNJ telah mempunyai instrumen arsip yang lengkap meliputi Jadwal Retensi Arsip (JRA), Tata Naskah Dinas, Pola Klasifikasi, serta Pedoman Klasifikasi dan hak akses.

Acara serah terima yang dilaksanakan di Aula PNJ tersebut dilakukan oleh Deputi Pembinaan Kearsipan ANRI, Dr. H. Andi Kasman, S.E., M.M., dan dari PNJ diwakili oleh Pembantu Direktur Bidang Akademik, Dr. Sc. Zainal Nur Arifin, Dipl-Ing. HTL., M.T., setelah acara serah terima dilakukan penandatanganan perjanjian penggunaan SIKD di lingkungan PNJ. Selanjutnya dilakukan pemotongan tumpeng oleh Pembantu Direktur Bidang Administrasi dan Keuangan, Dra. Lenny Brida, Dipl.TESOL, M.Psi., M.Hum., sebagai rasa syukur atas kemenangan PNJ dalam ANRI Award 2016.

Selamat kepada PNJ yang telah mendapat kepercayaan untuk menerima aplikasi SIKD semoga bermanfaat.(lanni, anis)