PNJ

Politeknik Negeri Jakarta | PNJ

menjadi politeknik unggul bertaraf internasional untuk mendukung daya saing bangsa


Workshop PLP


Sabtu, 15 Oktober 2016 bagian Administrasi Umum dan Keuangan, dan sub bagian Kepegawaian Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menyelenggarakan Workshop Penghitungan Angka Kredit Jabatan Fungsional untuk Pranata Laboratorium Pendidikan. Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) yang sebelumnya disebut Laboran atau Teknisi adalah jabatan Pegawai Negeri Sipil yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pengelolaan laboratorium pendidikan yg diberikan secara penuh oleh atasan yang berwenang. Seorang PLP harus mempunyai kompetensi yang tinggi di bidangnya karena suatu laboratorium perlu dikelola dengan baik untuk mendorong efektivitas dan optimalisasi proses pembelajaran seperti fungsi layanan, fungsi pengadaan/pengembangan media pembelajaran, dan fungsi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu laboratorium dapat menjadi tempat melatih mahasiswa untuk mengembangakan keterampilan ilmiah seperti mencari, mengumpulkan, mengamati, bereksperimen, dan menyimpulkan data yang ada.

Acara ini dibuka oleh Pembantu Direktur bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dra. Lenny Brida, Dipl.TESOL, M.Psi., M.Hum., yang dalam salah satu sambutanya menyebutkan bahwa peran PLP di pendidikan vokasi sangat penting, maka setiap PLP harus membangun keahlian dan mengembangkan diri untuk meningkatkan kompetensinya. Skill juga harus dilatih secara terus menerus supaya bisa berkembang, dan yang lebih penting sebagai PLP harus salalu belajar dan belajar supaya lebih confident dalam melaksanakan tugas. Acara yang berlangsung di Ruang Rapat A lantai II Gedung Direktorat PNJ ini dihadiri oleh 53 peserta, para ketua jurusan, dan para kepala laboratorium/bengkel dari semua jurusan.

Nara Sumber pertama adalah Dr. Drs. Ahmad Tossin Alamsyah, S.T., M.T., dari PNJ, yang presentasi tentang tata cara penulisan karya Ilmiah. Materi ini diberikan karena seorang PLP pada jenjang kepangkatan tertentu harus mampu menulis hasil penelitian, pengkajian, survey dan atau evaluasi di bidang pengelolaan laboratorium dalam bentuk buku yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional, atau berupa artikel yang dimuat dalam majalah atau jurnal ilmiah yang memiliki nomor ISSN. Penjelasan tentang penghitungan angka kredit disampaikan oleh Dr. Komar Sutriah, M.S., dari Departemen Kimia Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor.

Kegiatan selesai pada pukul 15.00, ditutup oleh Kepala Bagian Administrasi Umum dan Keuangan, Sri Mulyani, S.Sos., yang menuturkan bahwa setelah kegiatan workshop ini semoga laboratorium/bengkel di PNJ dapat dikelola dengan lebih baik lagi. Sampai acara ditutup jumlah peserta masih lengkap karena workshop ini sangat berguna bagi para PLP. Semoga para PLP dapat menyerap materi yang diberikan oleh Nara Sumber dengan mudah supaya dapat melakukan penghitungan angka kredit dengan tepat dan benar.(anis)