PNJ

Teknik Mesin

politeknik negeri jakarta


Seminar Series Teknik Mesin


Pada tanggal 4 Juli 2018 berhasil terselenggara acara Seminar Series di Jurusan Teknik Mesin. Kegiatan Seminar Series ini mengadopsi 'zemi' atau seminar rutin yang biasa dilakukan oleh institusi pendidikan di Jepang. Tujuan dari dilakukan kegiatan ini adalah untuk sharing knowledge diantara para dosen di Jurusan Teknik Mesin. Harapannya ke depan para dosen saling mengetahui topik penelitian satu sama lain, dan menumbuhkan penguatan untuk saling berkolaborasi maupun sebagai ajang diskusi ilmiah. Uniknya Seminar Series yang pertama kali diselenggarakan di Polteknik Negeri Jakarta ini diselenggarakan dalam bahasa Inggris. Seluruh presentasi dan diskusi wajib dilakukan dalam bahasa Inggris. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin satu minggu sekali, dengan presenter yang berbeda pada setiap pekan.

Acara Seminar Series ini dimulai dengan pemaparan singkat mengenai Seminar Series yang dilakukan oleh Bapak Sonki S.T., M.Sc. Kemudian acara dibuka secara langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Jakarta, Bapak Abdillah S.E., M.Si. Pak Direktur mendukung penuh kegiatan ini dan diharapkan bisa menjadi pionir dan ke depannya yang mengikuti tidak hanya pada internal jurusan Teknik Mesin, tetapi dapat diikuti oleh para dosen dari jurusan lain yang berminat.

Untuk presenter pembuka Seminar Series ini adalah Bapak Dr. Eng. Muslimin yang juga bertugas sebagai Ketua Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta. Judul presentasinya adalah "Study on Inspection and Verification of 3D Point Cloud Datasets Registration for Reverse Engineering Proses".Penelitian ini menggambarkan tentang bagaimana proses reverse engineering dipakai untuk membuat produk yang sejenis. Proses reverse engineering ini dilakukan pertama kali dengan memindai objek menggunakan laser scanner. Data yang diperoleh dari laser scanner ini, dengan menggunakan algoritma yang telah dikembangkan , diubah menjadi gambar CAD untuk dipabrikasi kembali. (Prib)