PNJ

Teknik Elektro

politeknik negeri jakarta


Teknik Otomasi Listrik Industri ( S1 )


TEKNIK OTOMASI LISTRIK INDUSTRI ( S1 )

Study Teknik Otomasi Listrik Industri ( TOLI ) merupakan Program Pendidikan Sarjana Sains Terapan ( S.ST ) untuk jenjang Diploma IV Pendidikan Vokasi dengan waktu tempuh penyelesaian Study 4 tahun. Program Study Teknik Otomasi Listrik Industri ini mendapatkan ijin dari Dikti pada tanggal 25 Juli 2013. Dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor : 456 / E / O / 2013.

IDENTITAS PROGRAM STUDI

Program Studi (PS) : Diploma IV - Teknik Otomasi Listrik Industri Jurusan / Departemen Teknik Elektro

Perguruan Tinggi : Politeknik Negeri Jakarta

Nomor SK pendirian PS : 723/E.E2/DT /2013

Tanggal SK pendirian PS : 25 Juli 2013

Pejabat Penandatangan : Prof.Djoko Santoso

Mulai Penyelenggaraan PS : 27 September 2013

Nomor SK Izin Operasional : 456/E/0/2013

Tanggal SK Izin Operasional : 27 September 2013

Nilai Akreditasi Terakhir : B

Nomor SK BAN-PT : 4079/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/X/2017

Masa berlaku : 31 Oktober 2022

Alamat Program Studu : Jl. Prof. Dr. G. A. Siwabessy UI, Kampus Baru UI Depok 16425

Telepon PS : (021) 7863531

No. Faksimili PS : (021) 7863531

Homepage dan E-mail PS : www.pnj.ac.id

elektro@pnj.ac.id


PROFIL SINGKAT

Program studi Teknik Otomasi Listrik Industri (TOLI) berdiri sejak tahun 2013 sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 456/E/0/2013 tanggal 25 Juli 2013 jenjang Diploma IV dengan gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST). Bertujuan mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional dan kompeten dalam bidang Otomasi Listrik Industri yang mampu merancang, memasang, mengoperasikan, memelihara, dan menginspeksi, serta menganalisa pekerjaan yang meliputi: Instalasi sistem ketenagalistrikan, Instrumentasi, Sistem Jaringan dan Komunikasi Data Industri, Otomasi berbasis Elektronik dan Terprogram seperti DCS (Distributed Control System), SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition), PLC (Programmable Logic Controller), HMI (Human Machine Interface), BAS, (Building Automation System) dan IoT (Internet of Things).

Program studi Teknik Otomasi Listrik Industri menyelenggarakan program regular untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang Teknik Elektro dan program lanjutan untuk lulusan Diploma III bidang Teknik Elektro. Lulusan mempunyai kesempatan mengisi posisi penyelia, pelaksana, supervisor, manager diberbagai industri dan perusahaan otomasi ketenagalistrikan, serta berwirausaha sebagai desainer sistem otomasi.

VISI

Menjadi Program Studi unggul di bidang Otomasi Listrik Industri Bertaraf Internasional untuk Mendukung Daya Saing Bangsa.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana terapan di bidang Teknik Otomasi Listrik Industri yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkarakter dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Mengembangkan penelitian dan peningkatan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta produk inovasi berkualitas guna meningkatkan daya saing bangsa;
  3. Mengembangkan pendidikan sarjana terapan di bidangTeknik Otomasi Listrik Industri yang efisien, efektif dan akuntabel berbasis ICT (Information Communication Technology);

PROFIL LULUSAN

  1. Electrical Engineer
  2. Control Engineer
  3. Site Engineer
  4. Konsultan Electrical
  5. Kontraktor Electrical
  6. Supervisor
  7. Technician
  8. Technopreuneur

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Tahun Pertama:

  • Menguasai Instalasi Jaringan Tegangan Rendah (JTR), yang meliputi Pemasangan dan pemeliharaan instalasi listrik.
  • Sertfikat kompetensi :

Kompetensi Tahun Kedua:

  • Memiliki wawasan tentang instalasi jaringan tegangan menengah (TM) dan tinggi (TT), menguasai sistem otomasi industri yang meliputi kontrol motor dan instrumentasi kelistrikan.
  • Sertifikat kompetensi

Kompetensi Tahun Ketiga:

  • Menguasai sistem instalasi otomasi industri terprogram berbasis kontrol proses (PLC, DDC, DCS dan SCADA), membuat estimasi proyek, dan menguasai K3 kelistrikan.
  • Sertifikat Kompetensi

Kompetensi Tahun Keempat:

  • Mampu merancang dan menginspeksi sistem kelistrikan, kontrol, dan instrumennya pada Building Management System BMS dan sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) serta memiliki wawasan technopreneur.
  • Sertifikat Kompetensi

INDUSTRI PEMAKAI

Seluruh industri yang menerapkan sistem otomatisasi pada proses produksi baik dilingkup Industri Otomasi, Peralatan Listrik, Pembangkit listrik maupun Industri Penunjang lainya.

KURIKULUM